Sunday, January 10, 2016

Manfaat secangkir teh hijau

Hai... readers 
Saya mau berbagi ilmu seputar manfaat teh hijau, dibaca ya..


Teh hijau merupakan daun teh yang telah dikeringkan, namun tidak difermentasi. Hal ini membuat cita rasa dan khasiat yang dimiliki teh yang satu ini begitu spesial.

Image result for daun kering teh hijau 
Berikut ini adalah sederet khasiat dalam secangkir teh hijau.

Mencegah penyakit jantung
Teh hijau juga mampu mencegah kerusakan jantung dan penyakit stroke dengan cara menurunkan kadar kolesterol tanpa mengurangi jumlah kolesterol baik dalam tubuh. Teh hijau akan menyembuhkan kerusakan jantung dengan mempercepat proses pemulihan sel-sel pada jantung.

Memperkuat tulang
Banyak ahli yang mengatakan bahwa teh hijau merupakan obat herbal alternatif yang mampu memperkuat tulang serta mempertahankan kepadatannya. Ini karena adanya kandungan flouride-nya yang tinggi.

Menurunkan kadar kolesterol
Rutin mengonsumsi teh hijau akan membantu menurunkan kadar kolesterol dengan rasio kolesterol jahat lebih banyak diturunkan dan menjaga kadar kolesterol baik yang biasa disebut dalam dunia medis sebagai HDL Cholesterol (High Density Lipoprotein Cholesterol).

Mencegah Alzheimer
Alzheimer adalah penyakit yang menyerang saraf otak yang akan membuat penderita hilang ingatan dan kekurangan daya konsentrasi. Penyebabnya ialah kerusakan sel-sel otak yang terlihat mengerut dan mengecil. Penyakit ini umumnya menyerang orang tua yang usianya lebih dari 65 tahun.

Mencegah Parkinsom
Penyakit otak lainya, Parkinson juga mampu dicegah dengan rutin mengonsumsi teh hijau. Antioksidan di dalamnya sangat efektif mencegah kerusakan sel pada otak.

Menghilangkan stres
Teh hijau juga mengandung jenis asam amino bernama L-thanine yang membantu menurunkan tingkat stres dan kecemasan seseorang.

Membantu menurunkan berat badan
Menurut studi yang belum lama ini dilakukan, EGCG kimia yang ditemukan dalam teh hijau mampu mempercepat proses metabolisme tubuh dan membantu membakar kalori sebanyak 70 kalori per hari. Tak hanya itu, kandungan antioksidannya juga mampu meningkatkan metabolisme

Menangkal radikal bebas
Kandungan paling baik yang dibawa oleh teh hijau ialah antioksidan yang mampu menangkal datangnya radikal bebas, dan zat berbahaya yang hendak masuk ke dalam kulit. Radikal bebas ini bisa mempengaruhi produksi kolagen dan membuat kulit kusam dan terlihat tua.

Membantu regenerasi kulit
Manfaat lain dari teh hijau untuk kecantikan dapat dilihat dari kandungan polifenol pada teh hijau yang bisa merangsang produksi sel keratinosid yang membantu proses regenerasi kulit. Sel-sel kulit mati di wajah juga jadi mudah terangkat karena bantuan teh ini.

Menghilangkan jerawat
Selain untuk regenerasi kulit wajah, manfaat teh hijau juga bisa mencegah dan mengobati jerawat yang ada di sekitar wajah. Kandungan cathecins dalam teh hijau, dipercaya dapat menstimulasi hormon pada kulit yang membuatnya melawan bakteri penyebab jerawat.

Melawan kanker
Studi yang pernah dilakukan di Pennsylvania State University membuktikan bahwa khasiat dari teh hijau mampu membunuh sel kanker yang bersarang di rongga mulut. Sel kanker yang terbasmi ini juga tidak akan menjangkiti sel-sel lain dalam mulut yang tidak terinfeksi. Setelah penelitiannya dikembangkan, kebaikan dari teh hijau ini juga terbukti dapat menyembuhkan kanker lain yang bersarang di dalam tubuh.

Kandungan Epigallocateching 3-Gallate (EGCC) dalam teh hijau lah yang menurut para peneliti ampuh membunuh sel kanker yang bersarang pada rongga mulut, yang juga bisa diterapkan untuk jenis kanker lain. Kandungan tersebut terbukti dapat merusak mitokondria sel kanker, yang membuat sel kanker menjadi rusak, dan mati. 

Itulah beberapa manfaat dari teh hijau, semoga para pembaca makin suka minum teh hijau. 
Terima kasih...

SUMBER: http://life.viva.co.id/news/read/596584-khasiat-secangkir-teh-hijau

No comments:

Post a Comment